Doa Sehari-hari

Doa Bangun Tidur 
ALHAMDULILLAAHILLADZI AHYAANAA BA'DA MAA AMAATANAA WA ILAIHIN NUSYUUR.
artinya :
"Segala puji bai Allah yang telah menghidupkan kami, sesudah mematikan kami, dan hanya kepadaNya lah kebangkitan dari (mati) itu. ( HR-Bukhori)



Doa Bila Bangun Tidurnya Terkejut
A'UUDZU BIKALIMAATILLAAHIT TAAMMAATI MIN GHADHABIHII WA 'IQAABIHII WA SYARRI 'IBAADIHII WAMIN HAMAZAATISY SYAYAATHIINI WA-AYYAH-DHURUUNI
artinya :
"Aku berlindung dari kalimat-kalimat Allah yang sempurna, dari kemurkaan-Nya, dari siksa-Nya, dari kejahatan hamba-hamba-Nya, serta dari bisikan syaithan-syaithan dan dari mereka datang  (Maka sesungguhnya keterkejutan bangun itu tidak membahayakannya)
HR Abu Dawud, At Tirmidzi, An Nasai.

 
Doa Belajar
RADHIITU BILLAAHI RABBAN, WABIL ISLAAMI DIINAN, WABI MUHAMMADIN NABIYYAN WARASUULAN, RABBI ZIDNII 'ILMAN, WAR ZUQNI FAHMAN.
artinya :
"Saya rela kepada Allah sebagai Tuhan, Islam sebagai Agama dan Muhammad sebagai Nabi dan Rasul (utusan). Wahai Tuhan-ku, tambahkanlah ilmu bagiku dan berilah saya kefahaman"




Doa Mendengar Adzan
ALLAHUMMA RABBA HAADZIHID DA'WATIT TAAMMATI, WASH SHALAATIL QAAIMATI, AATI SAYYIDANAA MUHAMMADANIL, WASIILATA WAL FADHIILATA, WAB'ATSHU MAQAAMAM MAHMUUDAL LADZII WA'ADTAHU..
artinya :
"Wahai allah. Tuhan pemilik urusan yang sempurna ini dan sholat yang berdiri ini, berilah junjungan kami Muhammad akan perantaraan dan keutamaan, dan bangkitkanlah dia di tempat yang terpuji yang telah Engkau janjikan" (HR.  Bukhari dan lainnya).


Doa berangkat ke Masjid 
ALLAAHUMMAJ 'AL FII QALBII NUURA WA WAFII IJSAANI NUURAW WAJ'AL FII SAM'I NUURAW WAJ'AL FII BASHARIII NUURAW WAJ'AL KHALFII NUURAW WA ALLAHUMMA'THINII NUURA.
artinya :
"Wahai Allah, jadikanlah cahaya di dalam hatiku, cahaya di dalam lidahku, cahaya di dalam pendengaranku, cahaya di dalam penglihatanku, cahaya di belakangku, cahaya di depanku dan jadikanlah cahaya di atasku. Wahai Allah, berikanlah saya akan cahaya.
(Muttawaq'allaih)


Doa Masuk Masjid 
ALLAHUMMA SHALLI 'ALAA MUHAMMADIW, WA 'ALAA AALI MUHAMMADIW WASALLIM, ALLAHUMMAGFIRLII DZUNUUBII WAFTAHLII ABWAABA RAHMATIKA.
 artinya :
"Wahai Allah, berilah rahmat atas Muhammad dan atas keluarga Muhammad dan selamatkan (mereka). Wahai Allah ampunilah bagiku  akan dosa-dosaku, dan bukakan bagiku akan pintu-pintu rahmat-Mu. (HR IbnuMajjah)
atau membaca :
ALLAHUMMAFTAHLII ABWAABA RAHMATIKA
artinya :
"Wahai Allah bukalah untukku pintu-pintu rahmat-Mu. (HR. Muslim)


Doa Keluar dari Masjid
ALLAHUMMA INNI AS-ALUKA MIN FADHLIKA
artinya :
"Wahai Allah sesungguhnya aku memohon kepada Engkau dari rahmat-Mu.   (HR. Muslim)


Doa Mengenakan Pakaian
ALLAHUMMA INNI AS-ALUKA MIN  KHAIRIHI WA KHAIRI MAA HUWA LAHU, WA 'AUUDZUBIKA MIN SYARRIHI WA SYARRI MAA HUWA LAHU
artinya :
"Wahai Allah, sesungguhnya saya mohon kepada Engkau akan kebaikannya dan kebaikan sesuatu yang ada padanya. Dan saya berlindung kepada Engkau dari keburukannya dan keburukan sesuatu yang ada padanya. (Dari Abu Sa'id Al Khudri) 


Doa Melepas Pakaian
BISMILLAHILLADZII LAA ILAAHA ILLA HUWA 
artinya :
"Dengan nama Allah yang tidak ada Tuhan selain Dia. (Dari Anas dari Rasulullah).


Doa Akan Makan
ALLAAHUMMA BAARIKLANAA FIIMAA RAZAQTANAA WAQINAA 'ADZAABANNAARI
artinya :
Wahai Allah berkahkanlah kepada kami dalam apa yang telah Engkau rizqikan kepada kami dan peliharalah (jagalah) kami dari siksa negara"
Bila akan makan lupa berdoa, maka hendaknya membaca :
BISMILLAAHI AWWALAHU WA AAKHIRAHU
artinya :
"Dengan nama Allah pada awal dan akhirnya" (HR Abu Dawud dan At Tirmidzi)


Doa Sesudah Makan      
ALHAMDULILLAAHILLADZII ATH'AMANAA WASAQAANAA WAJA'ALANA MUSLIMINA
artinya :
"Segala puji bagi Allah yang telah memberi makan dan minum kepada kami, dan telah menjadikan kami sebagai orang Islam" (HR. Abu Dawud dan At Tirmidzi).  

Tidak ada komentar: